Selasa, 15 Oktober 2013

9 Negara Eropa yang Lolos ke Brasil

9 Negara Eropa yang Lolos ke Brasil
9 Negara Eropa yang Lolos ke Brasil - Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia. Daftar Negara Yang Lolos ke Piala Dunia 2014Babak penyisihan grup kualifikasi Piala Dunia (PD) 2014 Zona Eropa bau saja usai digelar. Sembilan grup telah menyelesaikan semua pertandingan, yang berarti sembilan negara sudah dipastikan sebagai juara grupnya masing-masing atau meraih tiket otomatis menuju putaran final PD 2014 yang akan berlangsung di Brasil.

Kesembilan negara yang dipastikan telah lolos otomatis adalah:
1. Belgia (Grup A)
2. Italia (Grup B)
3. Jerman (Grup C)
4. Belanda(Grup D)
5. Swiss (Grup E)
6. Rusia (Grup F)
7. Bosnia-Herzegovina (Grup G)
8. Inggris (Grup H)
9. Spanyol (Grup I)

Pada Piala Dunia 2014 ini, Zona Eropa mengantongi 13 negara di putaran final dimana berarti masih tersisa empat tiket yang harus diperebutkan oleh delapan tim yang berstatus runner-up grup terbaik. Yang mengenaskan adalah nasib Denmark. Meski tampil gemilang di laga terakhir dengan menumpaskan tim terlemah Malta dengan skor telak setengah lusin gol tanpa balas (6-0), Tim Dinamit harus menerima kenyataan posisinya sebagai runner-up grup B ditempatkan di peringkat kesembilan atau yang terakhir. Artinya, peluang Denmark ke Brasil telah musnah seperti dilansir Liputan6.

Delapan negara (runner-up) yang tampil di babak play-off:
1. Yunani (Grup G)
2. Portugal (Grup F)
3. Ukraina (Grup H)
4. Prancis (Grup I)
5. Swedia (Grup C)
6. Islandia (Grup E
7. Rumania (Grup D)
8. Kroasia (Grup A)

Seperti yang telah diputuskan FIFA, kedelapan negara yang bakal bertanding di fase play-off akan dipisahkan ke dalam dua pot atau unggulan. Formatnya, pot pertama berisikan negara yang mempunyai ranking paling baik. Dengan demikian, Kroasia (10), Portugal (11), Yunani (12), dan Swedia, bakal ditempatkan sebagai pot atau unggulan pertama. Sementara, sisanya Prancis (25), Ukraina (26), Rumania (31), dan Islandia (54) ditempatkan sebagai unggulan kedua.

Guna menentukan negara mana yang bakal saling berhadapan, rencananya FIFA akan menggelar drawing atau undian yang akan dilangsungkan di markas besarnya di Zurich, 21 Oktober mendatang. Melihat komposisi di atas, muncul kemungkinan bakal terjadinya laga big-match di play-off antara Portugal dan Prancis. Play-off akan diadakan dalam dua partai atau leg. Partai pertama digelar pada 15 November dan leg kedua dilangsungkan empat hari kemudian.

Artikel Terkait



2 komentar: