Senin, 20 Oktober 2014

Ini Dia Asal Muasal Nama Jokowi

Pria Asal Perancis Inilah yang Memberi Nama Jokowi
Ini Dia Asal Muasal Nama Jokowi - Asal Usul Nama Jokowi. Asal Nama Jokowi. Sebelum terjun ke dunia politik, Presiden Joko Widodo merupakan seorang wirausahawan. Ia memiliki perusahan yang bergerak di pengolahan kayu, bernama Rakabu Sejahtera.

Selama menjalankan usahanya, Jokowi berhubungan dekat dengan Bernard, seorang pelanggan asal Perancis, orang pertama yang menyingkat nama Joko Widodo menjadi Jokowi. 

"Joko Widodo is complicated. Jokowi is good," ujarnya sambil tertawa, menjelaskan asal muasal singkatan Jokowi. Logat Perancis Bernard yang sangat kental memang menyulitkannya mengucapkan kata Joko Widodo yang sarat huruf o.

Iriana, istri Jokowi, mengatakan Bernard sering memberikan masukan kepada Jokowi soal produk olahan kayu perusahaannya. Berkat nasehat itu pula, menurut Iriana, suaminya akhirnya berhasil mengekspor produknya.

Lain lagi testimoni Miyono, paman Iriana. Pria yang pernah memberikan kesempatan kepada Jokowi untuk menimba ilmu di perusahaannya ini berkata, Bernard dulu sering memarahi dan mengkomplain produk Jokowi.

Dari komplain dan nasehat yang membangun tersebut, hubungan Jokowi dan Bernard semakin erat. "Kami tumbuh bersama. Saya membantunya membangun pabrik," kata Bernard.

Setelah pertemanan mereka berlangsung selama 21 tahun, Bernard melihat Jokowi semakin percaya diri. Ia pun tak heran sahabatnya itu mendapat amanah besar dari rakyat Indonesia.

Ia menuturkan, kontrak bisnis keduanya pernah dibuat tanpa perjanjian hitam di atas putih. Namun, hubungan jual-beli mereka tetap berakhir dengan fair.

Bernard terakhir kali membeli produk Jokowi dua tahun sebelum ia terpilih menjadi Walikota Solo. Sehari sebelum pelantikan Jokowi menjadi presiden Indonesia ketujuh, Bernard mengunjungi Jokowi dan Iriana di rumah dinas DKI Jakarta, di kawasan Menteng, Jakarta, Minggu (19/10) siang seperti dilansir Tribunnews.

"Dia tidak berubah. Dia masih sederhana. Bagiku dia bukan politisi, tapi pemimpinan yang sejati," pujinya untuk Jokowi.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar