Kamis, 19 Juli 2012

Daftar Festival Musik Dunia di Juli 2012

Libur pertengahan tahun sudah datang. Akhirnya Anda bisa meninggalkan aktivitas rutin yang melelahkan. Bagi penyuka musik, Anda bisa berlibur sambil menonton festival musik di sejumlah negara sepanjang Juli 2012 ini.

Roskilde, Kopenhagen, Denmark
Tanggal: 5-8 Juli

Di musim panas, Kopenhagen akan disoroti sinar matahari sejak pukul 05.00 hingga 22.00. Membuat hari terasa panjang. Tapi jangan khawatir bosan jika Anda berlibur ke sana. Sebab musim panas Kopenhagen, akan dimeriahkan festival musik Roskilde. Di sana, pengunjung akan dihibur pemain band sekelas Björk, The Cure, dan The Roots yang tersebar di delapan panggung. Tak cuma itu, panitia juga menyediakan lapangan seluncur untuk bermain skateboard, layar besar bagi pecinta film, serta lahan luas untuk berkemah.

Untuk makanan dan minuman, Anda tak perlu pusing di mana mencarinya. Karena panitia menyediakan pelbagai lapak penganan di sana. Dan semua keuntungan yang diraup tak masuk ke kantong panitia, melainkan disumbangkan ke organisasi budaya serta badan amal.

Obscene Extreme, Trutnov, Republik Ceko
Tanggal: 11-14 Juli

Untuk festival yang satu ini, sepertinya tidak semua orang bisa menikmatinya. Sebab pekan gembira ini spesial untuk pecinta musik keras semacam underground extreme metal dan grindcore. Tiap tahunnya, Obscene Extreme dibanjiri 1.500 penonton. Dan di 2012 ini, Obscene Extreme mengundang Blood I Bleed, Human Scum, Internal Suffering, dan Wormrot.

Exit, Novi Sad, Serbia
Tanggal: 12-15 Juli

Sekitar 12 tahun lalu, sebanyak 2.000 orang berkumpul di sebuah benteng abad ke-17. Mereka memprotes kepemimpinan Presiden Slobodan Milosevic yang dianggap telah melakukan pelanggaran HAM.

Kini rakyat Serbia berkumpul lagi. Bukan untuk unjuk rasa. Mereka akan bergembira di festival Exit. Selama empat hari, festival ini akan dipenuhi 250 ribu penonton dan 500 band. Grup musik yang naik pangguing pun tak cuma dari satu aliran saja, tapi juga metal, hardcore, punk, electro, reggae, ataupun indie. Mereka yang tampil di antara Duran Duran, Skindred, Plan B, The Toy Dolls, Guns N ''Roses, dan New Order.

Dour Festival, Dour, Belgia
Tanggal: 12-15 Juli

Bagi penyuka bir dan musik beraliran hardcore serta indie, Anda bisa berlibur ke Dour, Belgia, untuk menyaksikan Festival Dour. Tiap tahunnya, Festival Dour menampilkan puluhan band yang tengah berada di posisi puncak, hingga menarik minat ribuan penonton untuk menyaksikannya. Dan sama seperti tahun-tahun sebelumnya, festival Dour menyediakan dua panggung musik dengan tujuh tenda raksasa. Untuk penonton, panitia menyuguhkan bir lokal yang akan mengocok perut mereka.

Benicassim, Spanyol
Tanggal: 12-15 Juli

Kalau Anda datang ke Benicassim, sebaiknya jangan menggunakan pakaian panjang atau jaket. Karena festival Bennicasim akan disesaki ribuan penonton bercelana pendek, bahkan bikini. Kalau badan Anda berkeringat, terciprat cairan bir, atau kejepit ketiak penonton lain, jangan khawatir. Karena perkemahan Benicassim menyediakan pancuran air. Kalau belum puas, Anda bisa berlari ke pantai yang letaknya tak jauh dari lokasi festival.

Untuk Anda yang tengah berdiet, jangan takut harus menyantap keripik kentang seperti yang ada di festival musik lain. Sebab Benicassim akan menyuguhkan makanan tradisional Spanyol: nasi paella dan sangria, anggur berisi irisan jeruk. Band yang muncul pun tak mengecewakan. Misalnya Bob Dylan, Noel Gallagher, serta The Vaksin. Bersama puluhan band lainnya mereka akan bermain hingga pagi menjelang.

Secret Garden Party, Abbots Ripton, Inggris
Tanggal: 19-22 Juli

Secret Garden Party tak seperti festival musik pada umumnya. Di sini, panitia menyajikan taman serta hutan kecil dengan puluhan band berkostum peri. Dan mereka tak beraksi di atas panggung, melainkan di bawah pohon atau berdiri pada tumpukan jerami.

Untuk menghidupkan suasana dunia peri, panitia menambahkan pelbagai instalasi seni serta menggelar permainan perburuan harta karun.

Finger Lakes Grassroots Festival Musik dan Tari, New York, Amerika Serikat
Tanggal: 19-22 Juli

Di festival Finger Lakes Grassroots, ribuan hippies muda dan tua, serta keluarga petani berkumpul di pedesaan New York. Mereka bersantai di sana. Bersama para hippies, peserta festival akan dihibur musik bernuansa Irlandia, rock ''n roll, country, dan bluegrass. Selain menikmati alunan musik, Anda juga bisa membeli pernak-pernik hippy, meramal, dan mencari obat herbal.

Fuji Rock, Naeba, Jepang
Tanggal: 27-29 Juli

Fuji Rock merupakan festival terbesar di Jepang yang digelar pada satu pegunungan di sana. Bahkan untuk mencapai lokasi festival, Anda harus melewati perjalanan di hutan atau menggunakan gondola. Selain menyaksikan deretan band besar, seperti The Stone Roses dan Radiohead, penonton bisa menyaksikan tayangan film pada layar tancap di tepi sungai, menyantap mie udon, serta berkunjung ke Stoned Circle: tempat di mana Anda bisa bermain drum dan instrumen bekas.

Splendour In The Grass, New South Wales, Australia
Tanggal: 27-29 Juli

Di Belongil Fields, dekat dengan Byron Bay, tahun ini Anda bisa menyaksikan penampilan Jack White dan Smashing Pumpkins di atas panggung. Tak cuma itu, penonton juga disuguhkan suara dari band lokal Australia seperti The Beautiful Girls dan Wolfmother. Kalau ingin beristirahat dari keramaian, Anda bisa bersantai sesaat di mal kecil bernama Very Small Mall atau menikmati spa.

Jisan Valley Rock Festival, Seoul, Korea Selatan
Tanggal 27-29 Juli

Festival Jisan Valley Rock diadakan pada sebuah resor ski di Seoul. Untuk menghalau hawa dingin, panitia menyediakan tumpukan selimut warna-warni di hadapan panggung. Dan suasana dingin itu akan berubah hangat ketika deretan band mulai naik panggung. Di tahun ini, rencananya band yang tampil di antaranya The Stone Roses, Beady Eye, dan Elvis Costello.
 
 

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar