Sabtu, 23 Juli 2011

Winehouse di Deretan Musisi Mati Muda

http://onethirtybpm.com/wp-content/uploads/2010/11/amy_winehouse02.jpeg 

Ketenaran dan kesuksesan tidak menjamin hidup seorang musisi berlangsung mulus. Beberapa di antara mereka harus meregang nyawa akibat ketergantungan obat-obatan terlarang, alkohol, hingga aksi bunuh diri. Berita terbaru adalah kabar meninggalnya penyanyi muda berbakat, Amy Winehouse, yang diduga tewas karena mengkonsumsi obat-obatan terlarang dan alkohol. 

Kepergian Winehouse mengingatkan kembali pada sejumlah musisi muda berbakat lain yang meninggal di usia 27 tahun. Seperti dikutip dari laman Dailymail, setidaknya ada lima musisi muda dunia yang meninggal di usia sama seperti Winehouse. Mereka dikategorikan dalam sebuah kelompok yang dikenal dengan nama 27 Club.

1. Kurt Cobain
Vokalis band Nirvana ini diduga meninggal bunuh diri setelah menembakkan pistol ke dagunya sendiri. Kematian penyanyi yang sudah akrab dengan obat-obatan terlarang sejak usia 13 tahun itu menyisakan duka mendalam bagi para penggemar band dengan lagu hits 'Smells Like Teen Spirit'.

2. Jimi Hendrix
Gitaris dan pencipta lagu asal Amerika Serikat, James Marshall 'Jimi' Hendrix dianggap sebagai gitaris elektrik terbaik dalam sejarah musik. Sayang, bakatnya tersebut tak lama bisa disaksikan. Dia meninggal pada 18 September 1970. Hingga kini, penyebab kematian Hendrix masih simpang siur. Ada yang menyebut karena overdosis obat, hingga bunuh diri.

3. Janis Lyn Joplin
Janis Lyn Joplin adalah salah seorang penyanyi asal Amerika Serikat yang terkenal di tahun 1960-an. Majalah Rolling Stone pernah menempatkan penyanyi kelahiran 19 Januari 1943 tersebut dalam daftar 100 artis paling bepengaruh sepanjang masa. Namun, penyanyi yang disebut-sebut sebagai ratu rock ini harus meninggal di usia 27 karena overdosis heroin.

4. Jim Morrison
Vokalis The Doors ini meninggal di Paris pada 3 Juli 1971. Morrison ditemukan dalam keadaan tak bernyawa di dalam bak mandi. Hingga kini, penyebab kematiannya masih simpang siur, karena tidak pernah dilakukan otopsi terhadap jenazahnya. Namun, ada yang menyebut Morrison meninggal akibat serangan jantung.

5. Brian Jones
Brian Jones adalah salah seorang pendiri band Rolling Stones. Pada tengah malam, antara 2-3 Juli 1969, Jones ditemukan tak bergerak di dasar kolam renang di Cotchford Farm. Teman wanita Jones, Anna Wohlin meyakini, dia masih hidup saat diangkat dari dasar kolam renang. Namun, dokter menyatakan, penyanyi kelahiran 28 Februari 1942 itu sudah meninggal dunia. Ia dilaporkan meninggal karena mengalami pembengkakan hati dan jantung akibat penyalahgunaan narkoba dan alkohol.




Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar