Senin, 25 Juli 2011

Penomena Sepeda Fixie

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgwepJGNyAePJ950tKtbxLcp1CdW5G2X4aZmyBAgBr001yO97kbpwuwp0B7uVGIpAqt63Af4o0VVRtSsVXGaFJh9reQ84tJ33l15IXwnQ4jUBPzInQ50JVxyepwnbomWrbw7ncQxsDF89g/s1600/fixie_1.jpg


Mungkin sebagian dari agan2 udah pada tau atau udah pernah denger Sepeda Fixie, kalo ane sih jujur aja ane baru tau sepeda fixie blom lama ini karna tiap sore ane sering liat di komplek ane banyak anak2 yg make sepeda tp bannya gede trus warnanya ngejreng mknya ane cari tau namanya sepeda apa,ternyata sepeda fixie beberapa waktu belakangan ini,sepeda fixie emang bener2 lagi ngehype banget di kalangan para anak2 muda sekarang.Jangan ditanya alasannya apa itu cuman lifestyle semata atau emang mereka doyan sama sepeda yang simple2. Yang jelas perlahan tapi pasti sepeda fixie mulai terdengar gaungnya di permukaan.

Disebut Sepeda Fixie karena fixed gear. Artinya, gear belakangnya itu fixed, nggak dinamis. Jadi kita ngga bisa ngegowes lepas ke belakang. Kalo ngegowes ke belakang,yang ada sepedanya jadi jalan mundur,inilah letak keunikannya disamping ngga ada rem.Ban sepeda Fixie juga tipis, sehingga ringan ketika di genjot. dan yang lain menarik pada bagian stang. Dimana stang atau handlebar sepeda Fixie dibuat dengan tegak lurus. Minimalis disain menjadi ciri sepeda single speed ini. Remnya adalah kekuatan kaki kita untuk menahan pedal yang selalu berputar ke depan.


 

Gimana cara ngedapetin Sepeda Fixie? ?

Kalo agan punya budget yg berlebih,agan bisa beli jadi sepeda fixie,itung2 menghemat waktu dan tenaga
Harga sepeda Fixie untuk minimum dengan komponen seadanya dapat mencapai 1.5 juta. Harga sepeda Fixie yang cukup lumayan sekitar 2.5 juta atau lebih. Sedangkan harga sepeda Fixie rakitan tipe generic dengan komponen cukup baik mencapai 3.5 juta keatas. Tipe sepeda fixie bermerek umumnya berada di atas 4 juta, tergantung komponen yang sedang in.

Tapi klo agan emang pengen dapetin sepeda yg bener2 pas dihati agan,agan bisa ngerakit sendiri biarpun jauh lebih repot dari beli jadi,yang penting hati puas
Caranya,beli dari rangka kosong sudah banyak dijual,atau bisa memilih rangka polos dan di cat sendiriatau bisa juga mengunakan frame sepeda balap lama. Komponen dari roda dilepas dan diganti dengan komponen sepeda Fixie yang simpel. Untuk ukuran frame sepeda balap tua umumnya masih bisa dipakai, rata rata sepeda Fixie dirancang untuk ban 700C.Ingin meninggalkan sejarah pada sepeda, boleh juga mempertahankan bagian stang road bike. Sisanya boleh di modifikasi.


Apa yang perlu dipertimbangkan dalam modifikasi Frame sepeda lama ke Fixie

Tidak semua frame sepeda bisa dijadikan Fixie. Bila ingin merubah sepeda lama menjadi sepeda Fixie ada baiknya memperhatikan penyanggah roda belakang yang ada.

Gambar bawah ini adalah bagian gear hub belakang. Sepeda Fixie mengunakan tiang hub permanen dengan mur, dan berbeda dengan rancangan sepeda MTB atau Road Bike modern yang mudah dilepas pasang.
Bila sepeda lama anda ingin dirubah, sebaiknya memperhatikan kedudukan garpu roda belakang.
Tetapi apabila masih bingung untuk memodifikasinya, sebaiknya konsultasi dengan penjual. Apakah kedudukan frame sepeda anda dapat dipakai untuk Fixie atau tidak.

Urusan warna ban


Mengingat rancangan sepeda fixie akan terlihat modis, maka warna ban mengikuti warna sepeda sehingga akan terlihat lebih matching. Umumnya ban sepeda Fixie mengunakan ukuran saat ini seperti Road Bike (sepeda balap) atau Hyrid Bike (sepeda dalam kota) dengan velg / Rim 700c dengan ukuran ban 19 – 23 C. Harga ban sepeda Fixie bermacam macam, ban tanpa merek bisa dibeli hanya seharga puluhan ribu saja. Tapi untuk model bermerek terkenal harganya bisa melambung diatas 125 ribu dari produk CST tipe Wireband.

Headset sepeda Fixie

Salah satu komponen penting untuk sepeda Fixie adalah bagian Headset. Bagian ini sebagai penghubung frame dan fork/garpu depan sepeda fixie. Agar awet sebaiknya menggunakan tipe bearing. Harganya jauh lebih mahal, sekitar 250 ribu.

Bagian Rim atau Velg sepeda Fixie



Ada 2 pilihan. Pertama rim klasik dengan bentuk seperti velg sepeda biasa atau sama dengan rim sepeda Hyrid berukuran 700c. Yang sedang tren adalah velg lebar.
Satu catatan saja, untuk komponen roda sepeda Fixie adalah komponen paling mahal dari seluruh sepeda. Harganya mencapai 2 juta untuk roda depan dan roda belakang dengan merek yang berkualitas.

Urusan Sparepart crank Fixie

Namanya sepeda kalangan muda,tidak terikat dengan pabrikan atau merek. Semua suka-suka,dan dikabarkan dari mulut ke mulut atau melalui komunitas Fixie. Hunting komponen merupakan ritual dari komunitas sepeda Fixie. Salah satu sparepart yang suka dicari seperti Crank merek Sugino 48 gigi,hanya dijual 250 ribu. Crank tersebut banyak dipakai oleh pencinta sepeda Fixie. Bukan saja bagus, tetapi ringan karena dibuat dengan bahan aluminium. Yang lain dapat mengunakan crank sepeda gunung seperti produk dari Shimano Alivio. Hanya bagian ring crank dalamnya dilepas, dan hanya mengunakan ring utama saja.

Gaya dan Model Sepeda Fixie

Dibawah ini beberapa model dari sepeda Fixie, berwarna cerah dengan ciri hanya satu crank / gigi depan dan satu sproket / gigi belakang [overfame.com]





Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar