Minggu, 11 Mei 2014

Kendaraan Unik Polisi China Saat Patroli

Dua polisi di China patroli dengan segway.
Kendaraan Unik Polisi China Saat Patroli - Petugas dari kepolisian China memiliki tunggangan unik saat berpatroli. Mereka dibekali kendaraan skuter segway.

Motor yang terlihat seperti otopet itu juga dikenal sebagai kendaraan yang ramah lingkungan. Pasalnya, segway tersebut menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya. 

Seperti dilansir Daily Mail, segway milik polisi di China kerap dijumpai di Kota Chengdu, Provinsi Sichuan, dan di Ibu Kota China, Beijing.

Aparat kepolisian China menganggap penggunaan segway lebih efisien ketimbang mobil untuk melakukan patroli atau bahkan untuk mengejar pencuri sekalipun.

Meski bukan motor pada umumnya, para polisi China yang mengendarainya juga membekali diri dengan perlengkapan layaknya orang berkendara, seperti helm dan alat pengaman lainnya seperti bodi protektor.

Penggunaan segway sendiri hanya dilakukan di area pusat perbelanjaan, dan titik-titik publik lainnya.

Segway tersebut sarat dengan teknologi canggih, karena dilengkapi dengan giroskop, yakni mesin pengimbang sewaktu segway berjalan. Sementara kecepatannya, diatur dari sistem balancing atau keseimbangan pengendara.

Untuk mengerakan kendaraan ini, pengendara cukup mencondongkan badan sehingga pedal kontrol mengaktifkan motor untuk maju. Demikian juga untuk mundur, pengendara cukup mengarahkan badan ke belakang.

Segway ini juga efisien untuk berputar, bahkan bisa berputar 360 derajat dari titik poros kendaraan. Jika pengendara ingin berbelok, maka cukup memiringkan badan ke arah yang dituju.

Sensor pada kaki pengendara akan mengatur kebutuhan power motor dan membuat salah satu sisi roda bergerak lebih cepat.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar