Minggu, 11 Mei 2014

Google Doodle Hari ini: Ulang Tahun ke-104 Dorothy Hodgkin

Google Doodle Hari ini: Ulang Tahun ke-104 Dorothy Hodgkin
Google Doodle Hari ini: Ulang Tahun ke-104 Dorothy Hodgkin - Hari ini Google kembali membuat pembaruan untuk tampilannya. Jika kemarin ada gambar Google Doodle untuk peringatan hari ibu internasional, hari ini tampilan Google Doodle kembali berubah. Dan memang hari ini adalah hari peringatan yang berbeda dari kemarin, hari ini kita memperingati ulang tahun ke-104 Dorothy Hodgkin.

Siapakah Dorothy Hodgkin? Dia adalah seorang ilmuwan kimia wanita terkenal di dunia yang berhasil meraih nobel. Nama lengkapnya adalah Dorothy Mary Crowfoot Hodgkin yang dilahirkan pada tanggal 12 Mei 1910 di Kairo Mesir. Ilmuwan kimia ini hidup dari tahun 1910 – 1994 dengan meninggalkan banyak penemuan yang bermanfaat bagi dunia. Untuk menghormati jasa-jasanya itulah, Google membuat tampilan Google Doodle spesial seperti hari ini seperti dilansir iBerita. 

Hodgkin terlahir di tengah komunitas eskpatriat Inggris di Mesir. Karena terjadi Perang Dunia I akhirnya dia pindah ke Inggris dan terpisah dari orang tuanya. Di Inggris ia pun diasuh kerabatnya hingga besar. Pasca PD I, ibunya pun menyusul ke Inggris dan tinggal selama setahun. Menurut Hodgkin, itulah masa terindah dan paling membahagiakan dalam hidupnya.

Hodgkin di masa belajarnya menyelesaikan studi di Oxforda dan Cambridge Inggris dan akhirnya terpilih menjadi anggota peneliti di Oxford tahun 1936-1977. Berkat penemuannya dalah kristalografi, Hodgkin meraih Hadiah Nobel Kimia 1964. Ia berhasil mempelajari struktur vitamin B12 dan molekul-molekul kompleks lainnya dengan menggunakan sinar X.

Penemuan Hodgkin yang paling terkenal adalah saat dirinya berhasil mempelajari struktur kimiawi dari salah satu antibiotika β-laktam, penisilin. Antibiotik yang mampu menghambat pembentukan dinding sel bakter itu berhasil dianalisis secara telilit oleh Hodgkin. Tidak hanya penilisin, dirinya juga berhasil membedah struktur kimiawi Insulin.

Sisa hidup Hodkin dihabiskan di Inggris. Dirinya meninggal di Ilmington, Inggris pada 29 July 1994. Hidupnya yang 84 tahun telah memberikan arti dan guna untuk kehidupan manusia.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar