Selasa, 13 Mei 2014

Ini Dia Nanas Unik Berbentuk Kipas Dengan 50 Tongkol

Warga memperlihatkan buah Nenas unik di lahan perkebunan warga di Desa Alue Buket, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Provinsi Aceh, Minggu (11/5/2014). Nenas unik yang tumbuh berbentuk kipas atau ekor burung merak mengembang dan memiliki sekitar 50-an bongkol itu menarik perhatian warga di kabupaten itu.       ANTARA FOTO/Rahmad.
Ini Dia Nanas Unik Berbentuk Kipas Dengan 50 Tongkol  - Inilah buah nenas atau nanas unik. Jika umumnya setiap tongkol nenas hanya menghasilkan satu buah, tidak demikian dengan nenas milik H Abu Bakar Aziz warga Desa Alue Buket, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara.

Dilansir SOLORAYA.COM dari atjehpost.com, warga Desa Alue Buket, Bahtiar,  menyebutkan temannya menunjukkan gambar buah nenas berbentuk kipas melalui hanphone. Awalnya ia mengira itu hanya rekayasa atau editan. 

“Saya ragu saat melihat gambar nenas itu, saya kira itu hanya editan saja. Saat teman saya katakan lokasi nenas itu, saya langsung mendatangi karena penasaran. Ternyata memang benar, ada nenas berbentuk kipas dengan puluhan bongkol,” ujarnya.

Kata Bahtiar, sudah ramai warga yang datang untuk melihat buah nenas tersebut. Bahkan banyak juga yang mengabadikan gambarnya dengan kamera atau handphone.

“Bibit nenas yang ditanam sama semua, tidak ada yang berbeda. Ia pun heran mengapa satu di antaranya berbongkol banyak dengan bentuk kipas. Kita lihat saja bagaimana saat panen nanti,” kata Bahtiar menirukan ucapan H Abu Bakar Aziz.

Keuchik Desa Alue Buket, Sulaiman membenarkan adanya buah nenas berbentuk kipas yang tumbuh di salah satu kebun warga desanya. “Nenas itu sangat unik, saya pun baru pertama kali melihatnya. Saat ini banyak warga Kecamatan Lhoksukon yang bertanya tentang kebenaran nenas itu,” bebernya.

Menurut ATJEHPOST, terdapat 34 batang nenas yang ditanam berdekatan dengan labu tanah. Kebun itu merupakan milik Zakaria, 46 tahun (menantu H Abu Bakar Aziz).

Batang nenas itu terlihat sama dengan batang nenas lainnya, yaitu memiliki daun panjang dan berduri di ujungnya. Yang membedakan hanyalah buahnya saja yang menyerupai kipas.

Seperti yang diketahui, nenas berasal dari daerah Amerika Latin atau Brazil. Masyarakat biasanya menggunakan nenas sebagai salah satu buah dalam sajian rujak, manisan atau lainnya.

Buah nenas juga sering dimanfaatkan sebagai obat bagi wanita yang telat datang bulan. Namun demikian, buah nenas juga memiliki pengaruh yang tidak baik bagi tubuh karena dapat memicu terjadinya rematik.

Untuk ibu hamil, nenas juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Ibu hamil dapat mengkonsumsinya jika menggunakan takaran tertentu dan sudah berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu nenas juga dapat menjadikan pencernaan lebih kuat, mencegah pembentukan sel kanker, memperkuat daya tahan tubuh dan dapat mengurangi stress karena kandungan serotonin. Bagi penderita diabetes, nenas sangat tidak dianjurkan karena mengandung kadar gula yang tinggi.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar