Pesawat Sukhoi Super Jet 100 merupakan pengganti pesawat Tupolev TU
-134 peninggalan Soviet yang sudah tua dan sering mengalami kecelakaan.
Proyek Super Jet 100 didukung sepenuhnya oleh pemerintah Rusia dan
dinyatakan sebagai salah satu proyek nasional terpenting.
Sukhoi
Super Jet 100 pertama kali mengudara pada 2011. Pengguna pertamanya
adalah Maskapai Penerbangan Nasional Armenia. Aeroflot Maskapai
Penerbangan Nasional Rusia memesan sebanyak 50 unit. Pesawat ini mulai
diproduksi pada tahun 2007.
Perancangannya dimulai tahun 2000 oleh Sukhoi dengan dukungan
perusahaan kedirgantaraan boieng sebagai konsultan proyek. Mesin pesawat
menggunakan SaM 164 terbaru yang dikeluarkan power Jet. Mesin ini
diklaim bisa mengurangi konsumsi bahan bakar 10 persen dibandingkan
pesawat sekelas seperti Embraer dan Bombardier. Body pesawat ini
didesain lebih luas sehingga bisa menampung sampai 98 orang. Kelas
bisnis berkursi dua dua dan kelas ekonomi didesain dua tiga kursi.
Pesawat
ini didesain untuk pesawat jarak menengah yang waktu penerbangannya
lebih dari satu jam. Pesawat ini telah disertifikasi layak terbang oleh
Komite Penerbangan Antar Negara pada 3 Februari 2011 dan akan mendapat
sertifikasi Uni Eropa tak lama lagi.
sumber : http://www.indosiar.com/fokus/profil-pesawat-sukhoi-superjet-100_95341.html
Anda sedang membaca artikel tentang Profil Pesawat Sukhoi Superjet 100 dan Anda bisa menemukan artikel Profil Pesawat Sukhoi Superjet 100 ini dengan url http://gratisan69.blogspot.com/2012/05/profil-pesawat-sukhoi-superjet-100.html. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel Profil Pesawat Sukhoi Superjet 100 ini jika memang bermanfaat bagi Anda atau teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar