Minggu, 03 April 2011

Memanfaatkan RAM Sebagai Secondary Storage


 http://www.mydigitallife.info/wp-content/uploads/2007/05/ramdisk-install.jpg
Kecepatan akses terhadap aplikasi dan data tentu menjadi dambaan bagi user. Untuk mendapatkan kondisi tersebut, kita dapat memanfaatkan RAM (Random Access Memory). Memory ini merupakan media penyimpanan sementara yang memiliki sifat unik dimana data yang tersimpan akan hilang setelah computer di shutdown.


Sifat dari RAM inilah yang dapat dimanfaatkan untuk mempercepat performa system dengan mempergunakannya menyimpan data temporary yang sering diakses, misalnya seperti swap space virtual memory, file temporary aplikasi yang berjalan, termasuk Internet Explorer, BT client, P2P eMule, utilitas kompresi, software translate ataupun data dalam database yang sering diakses.

RAM dapat diperlakukan sebagai secondary storage melalui penggunaan aplikasi yang dikenal dengan RAMDisk. Aplikasi ini membentuk sebuah virtual hard drive. Dari sisi keamanan, RAMDisk ini juga baik digunakan sebagai drive untuk pembacaan data/deskripsi data yang terenkripsi dimana data tersebut akan mudah dimusnahkan hanya dengan men-shutdown computer.(tabloid pc mild)

Download Ramdisk

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar