Jumat, 30 November 2012

Video Suporter Malaysia Menghina Indonesia

http://static.inilah.com/data/berita/foto/1931826.jpg
Video Suporter Malaysia Menghina Indonesia - Suporter Malaysia vs Suporter Indonesia. Malaysia Hina Indonesia. Menjelang pertandingan antara Indonesia vs Malaysia yang akan berlangsung 1 Desember 2012 besok, beredar video Ejekan Suporter Malaysia terhadap Indonesia di Youtube. Video ini berdurasi kurang lebih 1.30 Menit yang berisi ejekan-ejekan terhadap Indonesia oleh Malaysia.

Menurut Anggota Komisi I yang juga membidangi masalah luar negeri Tantowi Yahya meminta rakyat Indonesia untuk tidak terprovokasi beredarnya video suporter Malaysia yang menghina Indonesia.

"Kita jangan cepat terprovokasi. Kebenaran video itu perlu dikaji dan konfirmasi dari penonton lain yang ada di stadion," kata Tantowi Yahya, Jumat 30 November 2012.


Tantowi meragukan bahwa yang berada di dalam video itu adalah suporter dari Malaysia. Alasannya, kata Tantowi, antara gerak bibir penonton dengan kalimat yang diucapkan tidak begitu sinkron.


"Artinya, bisa saja video aslinya sudah diganti oleh pihak-pihak yang menginginkan kita dan Malaysia tegang terus," kata politisi Golkar ini. Kemudian, lanjut Tantowi, ekspresi suporter yang meneriakkan kata-kata kasar itu tidak marah dan malah tersenyum bangga.


Selain itu, jika suporter Malaysia benar mengatakan hal itu, maka seharusnya Asosiasi Sepakbola Malaysia mendapatkan sanksi berat dari Federasi Sepakbola Asia atau AFT. "Jadi kesimpulannya, bisa saja suporter Malaysia itu mengucapkan "Malaysia is the best" atau apalah," kata dia.


Sebelumnya, Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng sudah mendapat laporan beredarnya video ejekan suporter Malaysia kepada Indonesia saat tim Malaysia ditekuk Singapura 0-3 di Stadion Bukit Djalil, pada 25 November lalu.


"Baru dapat laporan. Tentu saja ada ketentuan FIFA yang mengatur etika sebagai suporter tidak boleh menghina, kata-kata rasis atau melecehkan segala macam," kata Andi Malarangeng usai acara pengarahan Presiden SBY di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat, 30 November 2012.





Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar