Sabtu, 25 Agustus 2012

Revolusi Bumi

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJmoRfud5Ip_-8addfXNQ76WCXl5Eefy-oAHkZKvztZH_AVYQIulFpEDpx8Zyqoav9TcKoavsEZ5_4CsE7f2DSu084VVnw_hBu5a53qDzMXM_VgAU0dno4zz4Cf0bJGYH3vaVUp_G1CTQ/s1600/earth_revolution.jpg
Revolusi Bumi - Revolusi Bumi adalah gerak bumi / peredaran bumi pada orbitnya mengelilingi matahari, satu kali revolusi bumi adalah 365 ¼ hari atau disebut satu tahun.
 
Selama mengitari poros bumi selalu miring membentuk sudut 23,5˚  terhadap garis tegak lurus ekliptika. Bumi berevolusi dengan arah negatif artinya jika kita berada dalam pesawat antariksa tepat diatas kutub utara maka kita akan melihat bumi mengelilingi matahari dalam arah yang berlawanan dengan arah jarum jam.

Akibat revolusi Bumi
  1. Gerak semu tahunan matahari pada ekliptika. Gerak semu tahunan matahari adalah gerak matahari dari khatulistiwa bolak balik antara 23,5˚ Lintang utara dan Lintang selatan setiap tahun. Caesar menetapkan waktu yang diperlukan bumi untuk berevolusi sebagai sistem penanggalan (kalender) Masehi.
  2. Perubahan lama siang dan malam. Tanggal 21 Maret s/d 23 September. Semu tepat di bumi ini (kecuali kutub) mengalami siang dan malam sama panjang 12 jam karena semua tempat mendapatkan matahari 12 jam dan tidak 12 jam.
  3. Pergantian musim. Di berberbagai tempat di bumi disebabkan oleh karena adanya revolusi bumi dan tidak sejajar sumbu rotasi bumi dengan sumbu revolusi bumi. Pada tanggal 21 Maret – 21 Juni semua tempat di bumi bagian utara dan selatan mengalami masa dimana siang dan malam sama panjang. Di belahan utara bumi terjadi musim semi bunga-bunga bermekaran sebaliknya di belahan selatan bumi terjadi musim gugur.
  4. Terlihatnya rasi bintang yang berbeda dari bulan ke bumi.

Bukti Bumi berevolusi :
  1. Terjadinya Paralaks Bintang à pergeseran kedudukan bintang yang dekat ke bumi terhadap latar belakang bintang.
  2. Terjadi abrasi cahaya bintang à perpindahan yang tampak dalam arah cahaya datang dari sebuah bintang akibat gerak revolusi Bumi.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar