Rabu, 29 Agustus 2012

Selamat Hari Raya Galungan

 http://madeandi.files.wordpress.com/2008/08/galungan.png?w=400&h=198
Selamat Hari Raya Galungan - Galungan?? Tidak terasa Hari Raya Galungan ini sudah menghampiri kita, rasanya baru kemarin kita merayakan hari yang suci ini dan ternyata sudah 6 bulan kita lewati.

Hari Raya Galungan merupakan salah satu hari suci yang dinantikan oleh umat Hindu di seluruh dunia. Hari Raya Galungan adalah hari kemenangan antara Dharma melawan Adharma. Hari raya ini biasanya ditandai dengan pemasangan penjor di halaman rumah atau jalan di daerah Bali. Seperti biasanya Hari Raya Galungan diawali dengan Hari Penampahan Galungan yang kita rayakan kemarin dengan menyiapkan sesajen yang dibuat dari daging babi, dan kemudian hari ini kita melaksanakan Hari Raya Galungan itu, dimana para umat Hindu mulai dari subuh sudah menyiapkan sesaji yang biasa disebut dengan banten. Di Hari Raya Galungan ini umat Hindu patut menghaturkan sesajen/banten menurut kemampuan yang berlandaskan rasa bhakti yang tulus, dipersembahkan terlebih dahulu kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa ( Tuhan Yang Maha Esa ), dan segala manifestasinya, Dewata, Pitara Samudaya untuk memohon semoga Beliau berkenan memberikan ketenangan lahir bathin, ketenangan dunia dan segala isinya. sesajen tersebut biasanya dihaturkan terlebih dahulu ke Merajan-merajan yang ada disekitar rumah, baru kemudian dihaturkan ke Pura-pura disekitar desa seperti Pura Desa, Pura Dalem dan Pura Mrajapati yang akan diakhiri dengan persembahyangan di masing-masing pura tersebut.

Hanya sedikit cerita tentang Hari Raya Galungan yang saya dapat tuliskan disini dan tidak lupa saya mengucapkan SELAMAT HARI RAYA GALUNGAN BAGI UMAT HINDU.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar