Senin, 26 September 2011

Hari Ini Google Merayakan Ulang Tahun ke-13

http://sidomi.com/wp-content/uploads/2011/09/Googles_13th_Birthday.jpg
Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Google, hari ini merayakan hari ulang tahun ke-13. Sebuah doodle (atau gambar tema) di mesin pencari Google pun memperlihatkan perayaan tersebut.

Di doodle itu, terlihat pesta ulang tahun dengan 13 lilin yang menyala di atas kue ulang tahun, dan balon. Huruf yang ada di kata "Google" pun tampak memakai topi dengan sejumlah balon yang menghiasi doodle tersebut.

Sebenarnya tidak jelas alasan mengapa Google selalu merayakan ulang tahun tiap tanggal 27 September. Karena, seperti dikutip dari laman Mashable, pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, mendirikan Google setelah menerima dana US$100 ribu dari investasi yang diberikan Andy Bechstolsheim, pendiri Sun Microsystem.

Google sendiri bermula dari mesin pencari yang dinamakan "BackRub" oleh Page dan Brin. Kedua lulusan Universitas Stanford itu kemudian menamakan mesin pencarinya "Google", yang diambil dari kata "googol" yang berarti seratus angka nol di belakang angka 1. Kata ini untuk menunjukkan banyaknya informasi yang mampu disediakan Google.

Setelah itu, Page dan Brin kemudian mengembangkan Google, hingga mendirikan Google sebagai perusahaan pada 4 September 1998, yang berbasis di sebuah garasi, di rumah teman mereka, Susan Wojcicki, di Menlo Park, California, Amerika Serikat.

Google kemudian semakin berkembang. Tak hanya sebagai mesin pencari, layanan Google pun kini meliputi email (Gmail), instant messaging (Gtalk), video-sharing (Youtube), jejaring sosial (Google+), hingga sistem operasi untuk smartphone dan tablet (Android). Beberapa waktu lalu, Google pun membeli Motorola sebagai pengembangan bisnisnya.
Entah apa yang dipikirkan Larry Page dan Sergey Brin saat mendirikan Google 13 tahun lalu. Namun, Google kini telah tumbuh menjadi raksasa di usia remajanya. Selamat ulang tahun, Google!




Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar