Kamis, 22 Maret 2012

Selamat Hari Raya Nyepi

Sebelumnya, admin mau mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1934 untuk Umat Hindu di Dunia pada umumnya dan di Bali pada Khususnya semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa memberikan keselamatan dan kesejahteraan bagi kita semua.


Hari Raya Nyepi yang tahun ini jatuh pada tanggal 23 Maret 2012 merupakan hari raya yang ditunggu-tunggu oleh umat Hindu karena hari raya ini dirayakan hanya setahun sekali tepatnya pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup dengan tujuan utama adalah memohon ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa /Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Buwana Alit (alam manusia) dan Buwana Agung (alam semesta).

Terdapat beberapa rangkaian dalam perayaan menyambut pergantian tahun baru Saka, yaitu Melasti yang merupakan suatu rangkaian penyucian alat-alat, prasaranan & sarana persembahyangan, Tawur Agung Kesanga adalah upacara kepada para bhuta agar tidak menurunkan sifatnya pada saat perayaan hari raya Nyepi. Hari Raya Nyepi, umat Hindu melakukan Catur bratha penyepian, yang terdiri dari empat macam pantangan yaitu: amati geni (tidak menyalakan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bekerja) dan amati lelanguan (tidak melakukan kegiatan hiburan), prosesi terakhir adalah Ngembak Geni yaitu dimulainya aktifitas normal, biasanya umat Hindu saling mengunjungi kerabat atau keluarga untuk saling bersilaturahmi.

Dan Hari raya nyepi pada hakekatnya adalah hari pengekangan hawa nafsu dan intropeksi diri atas segala perbuatan yang dilakukan pada masa lalu. Pelaksanaan hari raya nyepi ini harus didasari dengan niat yang kuat, tulus dan ikhlas tanpa ada ambisi tertentu. Pengekangan hawa nafsu untuk mencapai kebebasan batin memang suatu ikatan tetapi ikatan itu dilakukan dengan penuh keikhlasan.


Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar