Rabu, 28 Maret 2012

4 Tips Sukses Membuat Saus Pasta

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhalkZbPihmQ4rN-M2ZKiA-9SwPxxZ8BxbI2Y8_l56MCgwc7olUdsFdjfi_6hSq0r5HxLylY2vXM4lFt52hkqs5UsTVbplFYq28DbTp4L-CN40iVSGI1RAmbfh7rf3z6e5iCU0OPwPgqTEC/s1600/fettuccine+tuna+2.jpg
Saus bechamel atau white sauce merupakan salah satu jenis saus dasar yang biasa digunakan sebagai pelengkap kenikmatan lasagna, pasta, cream soup, dan lainnya. Bechamel termasuk saus yang paling mudah dibuat. Saus ini terbuat dari campuran mentega, tepung terigu, susu, garam, lada, bay leaf, dan bubuk pala, yang dicampur jadi satu sampai mengental.

Agar rasanya lebih nikmat, dan teksturnya lembut, dibutuhkan beberapa trik khusus untuk membuat saus ini:

1. Hindari gumpalan tepung
Salah satu masalah yang sering dialami ketika membuat saus ini adalah tepung terigu yang menggumpal. Agar tak menggumpal, hindari pemakaian terigu yang terlalu banyak dibanding dengan mentega. "Misalnya tepung yang digunakan adalah 100 gram, maka menteganya harus 150 gram," ungkap Chef Mono dari restoran Gourmet World, Kemang, Jakarta, dalam acara Healthy Cooking Session.

2. Pastikan mentega sudah mencair
Agar teksturnya halus, maka sebelum menambahkan tepung terigu ke dalam panci, pastikan dulu mentega yang di dalam panci sudah mencair semua dan sudah mendidih.

3. Tepung terigu harus matang
Ketika tepung terigu tidak matang, saus yang dihasilkan akan memiliki aroma yang kurang sedap dan masih berbau tepung. Agar tepung matang merata di semua bagian, jangan memasukkan tepung secara bertahap. "Sesaat setelah mentega cair semua, masukkan terigu sekaligus sambil diaduk rata dengan balloon whisk," tukasnya.

4. Masukkan susu secara bertahap
Kebalikan dari tepung, susu cair harus dimasukkan secara bertahap. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan gumpalan adonan, dan memudahkan proses pengadukan.
 
 

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar