Jumat, 04 Maret 2011

Julukan 'Mark Zuckerberg Perempuan' Diberikan Kepada Pendiri Myyearbook.com

http://static.republika.co.id/images/tampilan_muka_myyearbookcom_110304092932.jpg


LONDON--Kesuksesan Mark Zuckerberg menemukan Facebook membuat remaja lainnya berlomba-lomba membuat laman jejaring sosial serupa. Seperti yang dilakukan Catherine Cook dan saudara laki-lakinya, David. Mereka membuat laman yang sukses bernama 'myyearbook.com'.

 
Kesuksesan ini membuat Catherine dijuluki sebagai 'Mark Zuckerberg Perempuan' oleh pers Amerika. 'Myyearbook.com' kini punya 25 juta pengguna di AS. Dia masuk ke dalam 25 situs paling dikunjungi, dan nilai perusahaannya sebesar 20 juta dolar.
Catherine mengatakan, idenya membuat laman jejaring sosial muncul ketika ia mengeluhkan  foto di album kelulusan sekolah. "Saya ingat hari saat kami diberi album foto oleh sekolah. Itu tahun 2005 dan saudaraku  David maupun  saya mengeluh betapa kami membenci foto kami. Dia mengatakan,'Bagaimana bila kita bisa memilih foto kita sendiri?' dan saya mengatakan 'Bagaimana bila kamu bisa berinteraksi dengan orang lain secara online?'  itulah awalnya."
"Semua terjadi dengan cepat. Satu menit kami mendapatkan ide, selanjutnya kami mendapat investasi 250.000 dolar. Kakak saya Geoff sudah menikmati kesuksesan dengan situs lain dan memutuskan untuk berinvestasi pada kami," kata Catherine (21).

Ada berbagai fitur dalam situs itu yang membuatnya lebih kompleks daripada Facebook, paling tidak kemampuan untuk memilih dalam "leaderboard" popularitas. "Kami harus menggambar setiap halaman dengan tangan. Kemudian kami menemukan tim pengembang di Mumbai, India. Sangat menarik, tetapi kami masih di SMA. Saya mengerjakan pekerjaan sekolah saya sepanjang hari, dan kemudian tetap bangun hingga jam 4 pagi demi membahas bersama pengembang India."

Catherine dan David meluncurkan situs dari rumah mereka di Skillman, New jersey, April 2005. "Ibu dan ayah saya keduanya insinyur listrik, tetapi kami melakukan semua pekerjaan sendiri. Kami mempromosikan situs di sekolah, memakai T-shirt  aneh keliling kampus. Selanjutnya  situs itu mulai dikunjungi anggota dari sekolah-sekolah di seluruh negeri pada November 2005, hanya beberapa bulan setelah peluncuran.

"Saat kami mendapat satu juta anggota saya ingat merasa sangat senang, namun begitu takut. Kehidupan berubah dalam cara-cara yang tidak bisa saya bayangkan." Pada tahun 2006 pasangan pengusaha internet itu merasa kamar tidur mereka kekecilan dan mereka menginvestasikan kantor di New Hope, Pennsylvania.

Baru berumur 16 tahun, Catherine memiliki  12 staf pengembang baru. "Kalau ingat masa lalu,  aku hanya mendapatkan dua jam tidur malam. Sulit untuk mengelola sekolah dan bekerja, tetapi segera setelah saya lulus dari SMA, dan saat  bisnis mulai  lepas landas saya menyadari kehidupan pribadi saya  malah kacau, "katanya.

Hubungan Catherine dengan pacar SMA-nya itu berakhir. "Saya tahu dia akan ke universitas lain, dan saya tahu bahwa kami tidak akan dapat melihat satu sama lain." "Dia sudah sangat mendukung saya, nongkrong sementara saya duduk sepanjang malam, bekerja di situs. Tetapi saya tahu ketika saya pergi ke Georgetown hal itu akan menjadi akhir dari hubungan kami. "

Ada orang yang pernah berkata kepada Catherine bahkan dia tidak akan pernah bisa menyaingi  MySpace, kenyataannya  dia kini memiliki seperempat jumlah  pengunjung MySpace dan punya karyawan 100 orang. Ketika berbicara tentang penyebab situs  tersebut sukses, Catherine mengatakan:"Kebanyakan teman-teman saya benar-benar menerima ide situs itu. Mereka bergabung di situs tersebut dan memberi saran-saran."




sumber: republika.co.id

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar