Selasa, 16 Agustus 2011

Riset: 75 Persen Password Twitter dan Email Sama

Password atau sandi adalah kunci penting yang harus dijaga keamanannya agar bisa masuk ke berbagai layanan online yang ada di internet, mulai dari situs sosial media, blog hingga email dan layanan perbankan. Kenyataannya, data-data penting seperti password justru dengan mudah bisa ditemukan di internet.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh perusahaan keamanan Internet, BitDefender, lebih dari 250 ribu username, alamat email, dan password yang dipakai untuk login ke situs Twitter dapat ditemukan dengan mudah di internet. Dari penelitian ini juga terungkap bahwa 75 persen dari sampel username dan password Twitter yang diperoleh tersebut ternyata identik dengan yang dipakai untuk akun email.


Data-data penting tersebut didapat dari blog, torrents, layanan kolaborasi online serta beberapa sumber lainnya. Dari hasil penelitian, 43 persen dari data tersebut didapat dari tools kolaborasi online, 21 persennya dari blog posting. Sementara itu, data yang bocor dari torrents dan tools sosial lainnya masing-masing tercatat 10 persen dan 18 persen.


Terkait hal itu, para peneliti berhasil memverifikasi akun email yang bocor dan menemukan bahwa 75 persen user ternyata memiliki satu password yang umum untuk mengakses Twitter dan email mereka. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan 87 persen dari ID email, username, dan password yang diperoleh dari berbagai sumber ternyata masih aktif.


Hal ini membuka kesempatan kepada penjahat cyber menggunakan data-data sensitif tersebut untuk membajak akun email dan profil Twitter, lalu memanfaatkannya untuk menyebarkan spam dan malware melalui platform tersebut.


BitDefender mengimbau agar user ekstra hati-hati ketika membuat password di Twitter dan akun email. Demi keamanan, sebisa mungkin tidak menggunakan password yang sama. User juga diimbau agar lebih berhati-hati dan pikir-pikir dahulu sebelum mendaftar dan sharing email, username dan password dengan situs pihak ketiga. (Twitip.com/internetsehat/DOR)





Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar