Jumat, 19 Agustus 2011

A-HA

a-ha adalah grup musik dari Norwegia yang terdiri dari trio Morten Harket, Magne Furuholmen, dan Paul Waaktaar-Savoy. Mereka menjadi grup Norwegia pertama yang menembus pasar musik pop dunia. Wajah mereka menghiasi majalah-majalah remaja di paruh kedua dekade 1980-an.


Singel perdana mereka perlu dirilis tiga kali, direkam ulang, dan video musiknya direkam dua kali sebelum lagu "Take On Me" menjadi hit di seluruh dunia. Setelah menduduki puncak tangga lagu Amerika Serikat, "Take On Me" sampai di urutan nomor dua tangga lagu Britania di bulan Oktober 1985. Mereka berlanjut dengan tiga buah singel dan album perdana yang sukses, Hunting and Low pada tahun 1986. Di tangga lagu Billboard, Hunting and Low sampai di peringkat ke-15. Walaupun tidak menang, singel "Take on Me" sempat menghasilkan nominasi Artis Pendatang Baru Terbaik Penghargaan Grammy.

Ketika a-ha menyatakan beristirahat dari dunia musik pada tahun 1994, angka penjualan album mereka di seluruh dunia mencapai 200 juta keping. Setelah tampil dalam Konser Hadiah Nobel Perdamaian tahun 1998, a-ha kembali ke studio rekaman. Hasilnya adalah album Minor Earth Major Sky yang dirilis tahun 2000. Hingga tahun 2000, a-ha telah menjual lebih dari 36 juta album rekaman. Pada tahun 2002, a-ha mengeluarkan album ke-7, Lifelines yang dilanjutkan dengan album ke-8, Analogue pada tahun 2005.Mereka juga telah merilis album ke-9 mereka yaitu Foot Of The Mountain. (wikipedia)

Beberapa List Lagu A-ha (4shared)

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar