Kamis, 25 Agustus 2011

Condoleezza Rice, Wanita Pujaan Khadafy

http://assets.kompas.com/data/photo/2011/08/26/0655475620X310.jpg
Di antara barang-barang yang ditemukan di kediaman Moammar Khadafy terdapat sebuah album. Uniknya, album itu berisi foto-foto mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Condoleezza Rice.

Khadafy memang dikenal sangat mengagumi Rice. Dia tidak segan mengutarakannya kepada publik. Dalam sebuah wawancara dengan Al Jazeera pada 2007, seperti dikutip The Guardian, Khadafy terang-terangan menyatakan kekagumannya kepada Menlu pada masa pemerintahan George W Bush itu.

"Saya sangat bangga melihat dia memberi perintah kepada para pemimpin Arab. Leezza, Leezza, Leezza. Saya sangat mencintainya. Saya mengagumi dia dan sangat bangga kepadanya karena dia perempuan berkulit hitam keturunan Afrika," ucap lelaki yang hingga kini keberadaannya masih misterius itu.

Pada 2008, Rice membuat sejarah. Dia menjadi menlu pertama AS yang mengunjungi Tripoli sejak 1953. Dia dan Khadafy dilaporkan sempat menikmati makan malam bersama.

Berdasarkan laporan Departemen Luar Negeri AS, Khadafy menghujani perempuan pujaannya itu dengan sejumlah hadiah mahal dengan nilai total mencapai 212.000 dollar AS (Rp 1,8 miliar). Hadiah itu terdiri dari sebentuk cincin berlian yang diletakkan di dalam kotak kayu, kecapi dilengkapi DVD, dan sebuah liontin dengan foto Khadafy di dalamnya.

Meskipun memuji pertemuannya dengan Khadafy kala itu sebagai "momen bersejarah", Rice memberikan cendera mata yang "tidak sebanding", hanya sebuah piring berlambang AS. 




Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar