Sabtu, 09 Juni 2012

Manfaat Dibalik Nikmatnya Seks Bagi Kesehatan

Seperti dikutip dari She, berikut sejumlah manfaat aktivitas seksual yang dapat meningkatkan kesehatan Anda dan pasangan secara umum.
 
Jantung sehat
Seks yang dilakukan secara aktif dapat meningkatkan detak jantung Anda dan membuat jantung Anda lebih sehat. Pasangan yang berhubungan seks rutin dua kali sepekan atau lebih ternyata berisiko lebih rendah terkena serangan jantung.

Mengurangi berat badan
Seperti olah raga, seks merupakan aktivitas yang melibatkan fisik, bahkan lebih menyenangkan ketimbang olahraga yang dapat membantu mengurangi berat badan. Meski hanya membakar 85% kalori, namun seks dapat dilakukan sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

Jauhkan dari penyakit
Melakukan aktivitas seks secara rutin dapat mencegah flu dan penyakit ringan lainnya serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pasangan yang berhubungan seks lebih dari dua kali dalam sepekan mempunyai antibodi immunoglobulin A yang lebih tinggi, yang dapat melindungi Anda dari penyakit ringan dan flu. Namun, tidak perlu dilakukan berlebihan juga.

Mengurangi nyeri
Ini karena saat kita melakukan aktivitas seks maka tubuh akan memproduksi hormon yang berfungsi sebagai pereda nyeri dan dapat mengurangi nyeri saat datangnya menstruasi dan nyeri sendi, misalnya.

Hormon itu bernama oksitosin atau hormon yang menenangkan dan dapat mengurangi tekanan darah serta kadar kortisol, yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan bermanfaat jika Anda mengalami migrain.

Mengurangi risiko kanker prostat
Kanker prostat merupakan penyakit yang umum di kalangan pria. Namun peneliti menemukan pria di usia 20-an risikonya berkurang setelah mengalami ejakulasi lima kali atau lebih dalam sepekan. Belum ada korelasi yang jelas untuk pria yang lebih tua, namun tak ada salahnya mencoba.

Mengurangi stres
Karena aktivitas seks dapat meningkatkan suasana hati, juga merangsang otak untuk memproduksi hormon yang disebut endorfin untuk mengurangi stres. Seks juga dapat menurunkan tekanan darah, serta membantu menenangkan.

Membuat tidur lebih lelap
Ini karena seluruh tubuh mengeluarkan hormon endorfin dan oksitosin, yang sangat ideal untuk relaksasi dan membuat tidur Anda lebih nyenyak.
 
 

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar