Senin, 18 Juni 2012

10 Proyek Mewah DPR Kita Yang Tidak Masuk Akal

Proyek Mewah DPR Kita Yang Tidak Masuk Akal. Proyek Mewah DPR. Proyek DPR. Proyek Gagal DPR. Tiap dari kita rakyat Indonesia pasti ingin wakilnya yang ada di pemerintahan bertindak bijak dan dewasa, serta sensitif terhadap masalah yang sedang dialami rakyatnya.

Tapi apa dikata.. wakil kita yang seharusnya memprioritaskan rakyat sedikit banyak telah menyakiti hati yang memilihnya dengan banyak dalih dan alasan yang dibuat-buat.seperti yang terjadi pada - proyek-proyek yang ada di Gedung DPR/MPR yang terjadi pada masa 5 tahun ini..


INGAT INI TERJADI HANYA DI DALAM DAN SEKITAR GEDUNG DPR SAJA, BUKAN MENCAKUP PROYEK-PROYEK LAIN YANG DILUAR, JIKA SAJA SEMUA ITU DIMUAT MUNGKIN JUDULNYA AKAN MENJADI 100 PROYEK MEWAH ANGGOTA DPR YANG TIDAK MASUK AKAL...

1. Membeli kursi seharga 24 juta per biji

Pihak Sekretariat Jenderal DPR mengakui jika harga satu kursi yang ada di ruang kerja Badan Anggaran atau Banggar DPR mencapai Rp 24 juta. Hal itu diketahui saat Badan Kehormatan DPR meninjau ruang kerja Banggar yang terletak di Gedung Nusantara I.

2. 1 Kalender DPR seharga Rp 116.000

Proyek-proyek janggal di lingkungan Dewan Perwakilan Rakyat terus bermunculan. Setelah renovasi toilet dan ruang Badan Anggaran DPR, kini terungkap proyek pengadaan kalender tahun 2012 untuk anggota DPR. 

Uchok Sky Khadafi, Kordinator Investigasi dan Advokasi FITRA, mengatakan, anggaran pengadaan kalender mencapai Rp 1,3 miliar. Dana itu untuk membuat kalender yang dibagikan kepada 560 anggota DPR. Setiap anggota, tambah Uchok, mendapat jatah sebanyak 20 kalender. 


3. Proyek Perawatan Gedung 500 M
Wakil Ketua Banggar DPR Tamsil Linrung, menjelaskan, gedung parlemen dan rumah dinas anggota DPR memiliki anggaran perawatan Rp500 miliar. Angka itu yang kemudian didetailkan Sekretariat Jenderal DPR.


4. Bagusin Toilet 200 M

Toilet-toilet di Gedung Nusantara I DPR yang rusak dan bau akan disulap menjadi anyar alias baru. DPR mengalokasikan dana Rp 2 miliar untuk merenovasi toilet. Humas Setjen DPR, Jaka Winarko, mengatakan dana untuk renovasi toilet di Gedung Nusantara I DPR sudah dianggarkan sebesar Rp 2 miliar pada tahun 2012.


5. Beli Parfum Buat Gedung DPR Seharga 1,59 M

Proyek-proyek janggal di DPR satu-persatu terus terkuak. Setelah renovasi toilet Rp2 miliar dan ruang Badan Anggaran DPR Rp20 miliar, selanjutnya terungkap pula nilai proyek pengharum ruangan DPR Rp1,59 miliar. Berikutnya proyek kelender Rp1,3 miliar, proyek layar wellcome DPR Rp4,8 miliar, proyek makanan rusa Rp598 juta dan total nilai proyek perawatan gedung DPR Rp500 miliar.


6. Karpet Ruang Banggar Rp. 5 Juta Permeter

JAKARTA-Ruang rapat baru Badan Anggaran DPR senilai Rp 20 miliar itu, cukup banyak menggunakan barang impor. Selain menggunakan seratusan kursi impor, lantai ruangan seluas 400 meter persegi itu juga dilapisi karpet impor yang permeternya Rp5 juta. Menurut di internal Setjen DPR, merk karpet ruang Banggar DPR itu adalah Milliken. Untuk mendapatkan karpet seharga Rp 5 juta per meter itu, harus indent hingga 4 bulan.

7. Layar 'Welcome to DPR' Seharga Rp 4,8 Miliar

Dua unit layar LED seharga Rp 4,8 miliar bakal mejeng di depan Gerbang DPR. Layar-layar itu akan menampilkan wajah-wajah pimpinan DPR serta aneka kegiatan anggota dewan. Pantauan detikcom, satu unit layar LED berukuran 3x2 meter sudah terpasang di atas tiang bulat setinggi 3 meter di halaman luar Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

8. Tempat Parkir Motor DPR Senilai Rp 3 M

Pembangunan parkiran motor di kawanan Gedung DPR telah separuh jalan. Seperti apa pembangunan tempar parkir yang menelan dana hingga Rp 3 miliar itu?. Pantauan detikcom di lokasi pembangunan parkiran motor baru DPR di Gedung DPR, Senayan, Senin (9/1/2012), proyek pembangunan parkiran mahal ini tengah dalam pengerjaan. Tak ada pengumuman tender telah usai ke media.

9. Beli Mesin Foto copy 4 M

Mesin Fotocopy DPR Dibandrol Rp 4 Miliar 21 Jan 2012 Diputuskan Pleno BURT, Diteken Pius Lustrilanang Kebobrokan pengadaan proyek-proyek di DPR satu per satu mulai terbuka. 

Belum tuntas kontroversi renovasi toilet Rp 2 miliar dan renovasi ruang rapat Badan Anggaran Rp 20,3 miliar, kini terkuak pembelian mesin fotocopy seharga Rp 4 miliar. ANGGARAN pembelian mesin fotocopy sebesar Rp 4 miliar itu disetujui bersama anggaran lainnya untuk pembelian mobil Toyota Camry dan pembangunan lapangan futsal Kompleks DPR Kalibata, Jakarta Selatan. Sehingga total anggaran yang disahkan dalam satu surat keputusan itu sebesar Rp 6,5 miliar.


10. Proyek Rp 598 Juta untuk Beri Makan Rusa di DPR

Tahun 2008 lalu, belasan rusa didatangkan untuk menghiasi Gedung DPR. Namun seiring waktu berjalan, kabar soal rusa itu tidak pernah terdengar. Justru yang ada adalah adanya tender untuk pemeliharaan binatang bertanduk cantik itu. Diambil dari situs resmi milik DPR, proyek ini akan menggunakan anggaran tahun 2012. Nama paket proyeknya adalah 'PEMELIHARAAN RUSA, PERAWATAN MEDIS RUSA DAN BIAYA MAKAN RUSA DPR RI'. Anggaran yang dialokasikan adalah Rp 598 juta.


Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar