Senin, 07 April 2014

Game Pemilu Indonesia 2014

GAME PEMILU 2014 - screenshot 
Game Pemilu Indonesia 2014 - Daftar Calon Presiden Indonesia 2014. Pemilihan Umum atau PEMILU yang akan dilaksanakan 9 April 2014 besok akan menjadi hal yang sangat penting untuk perkembangan Negara Indonesia tercinta ini. Banyak masyarakat yang antusias menunggu hadirnya momen ini, namun ada banyak juga yang mungkin kurang tertarik mengikutinya. Wajarlah namanya juga orang banyak jadi ya pasti pendapatnya juga banyak.

Nah untuk meningkatkan antusiasme masyarakat dan juga memberikan edukasi serta pengenalan dari Partai beserta calon yang diusun Partai untuk Pemilu 2014 ini. Salah satu developer di Jogja, Gits Solution bekerjasama dengan STMIK Amikom membuat sebuah game Edukasi bernama Game Pemilu 2014.


GAME PEMILU 2014 - screenshot

Game Pemilu 2014 adalah game edukasi dimana di game ini akan terdapat daftar-daftar Partai Politik beserta calon yang diusungnya. Di aplikasi ini kamu dapat memainkan 3 jenis game yang terdiri dari Dua game berjenis endless running game dan satu game berjenis Puzzle Game yang mirip Candy Crush. Di ketiga game tersebut kamu dapat mengumpulkan poin untuk mendukung calon atau partai yang telah kamu pilih sebagai jagoan seperti dimuat Aplonologi.

Dari konsep yang diusung sih sebenernya aplikasi Game Pemilu 2014 ini bagus dan edukatif. Hanya saja dari data yang dihadirkan, Game Pemilu 2014 ini kurang akurat karena memang sebagian besar Partai belum menentukan Calon mana yang akan maju sebagai Capres. Selain itu data di game ini sebagian besar mengambil dari Wikipedia yang hanya berisi biografi calon saja, sedangkan untuk fisi dan misi dari calon atau partai sangat sedikit sekali di hadirkan.

GAME PEMILU 2014 - screenshot

Dari user interface atau tampilan tatap muka sih.. well.. aplikasi ini cukup.. ya cukup membingungkan ketika digunakan karena di Game Pemilu 2014 ini masih banyak navigasi yang tidak sempurna seperti tidak adanya tombol back, dan alur game yang terkesan muter-muter sebelum menuju ke game yang akan dimainkan. Yap membingungkan.

Tampilan-tampilan yang ada di Game Pemilu 2014 ini juga amburadul dan tidak rapi. Entah apa karena saya menggunakan Smartphone ketika menjalankannya, sehingga banyak bagian dari aplikasi yang terpotong dan tidak terlihat. Namun umumnya game dan aplikasi di Android ukuran tampilan itu biasa menyesuaikan sendiri sih.

GAME PEMILU 2014 - screenshot

Secara performa lumayan oke karena selama memainkan game ini saya juga belum menemukan force close atau eror, selain itu ada beberapa fitur menarik di game ini seperti Facebook Connect dan Google Game Service yang bisa kamu gunakan untuk mengkoneksikan Game Pemilu 2014 ke akun FB dan G+.

At least Game Pemilu 2014 ini masih sangat perlu banyak penyempurnaan dan perbaikan supaya game ini bener-bener bisa menjadi game edukatif dan juga sarana hiburan untuk menyambut Pemilu 2014. Jadi kalo menurut saya sih sebaiknya aplikasi ini diatur lagi konsep dan alurnya supaya lebih menarik dan membuat para pemainnya betah menggunakan game ini.

GAME PEMILU 2014 - screenshot

Dan juga jangan lupakan desain karena desain adalah hal pertama yang akan dinilai para user ketika pertama kali menggunakan sebuah aplikasi. Saya rasa di STMIK Amikom banyak mahasiswa calon desainer handal kok yang bisa diajak untuk membangun game ini ke arah yang lebih baik. So.. dibenerin lagi dong plis..

 GAME PEMILU 2014 - screenshot

 GAME PEMILU 2014 - screenshot

 GAME PEMILU 2014 - screenshot

Artikel Terkait



1 komentar:

  1. Ini layak dicoba nih ..
    salam kenal sob ..
    minta komentarnya dunk
    http://infoejaman.blogspot.com/2014/03/CapKakiTiga-Setia-Manfaat.html

    BalasHapus