Sabtu, 07 Mei 2011

KANANLIMA

”Kanan itu punya filosofi positif. Contohnya kita selalu berjabat tangan dengan kanan. Makan pun menggunakan tangan kanan. Lima karena kita adalah lima sahabat yang main musik bersama” ungkap Riyan.

Begitulah mereka menceritakan filosofi dibalik Kananlima. Kelima anak muda yang berawak Riyan (vokalis), Popo (bassist), Baim (keyboard/synthesizers), Coco (drummer) dan Dya (gitaris) gak perlu merasa jauh-jauh buat latihan. Soalnya personil-personilnya tinggal dalam sebuah kompleks perumahan yang sama. Semenjak terbentuk 22 Mei 2007, Kananlima mendeklarasikan diri membawa genre New Brave/Brit Rock. 

“Saat itu Kananlima akan merilis album perdana secara indie. Di saat yang bersamaan kami mendaftarkan diri ikut sebuah festival band di tahun 2008. Nothing to lose. Enggak terlalu mengharap juga sih. Jika gagal di festival nanti toh kita memang sudah siap rilis album sendiri. Dan ternyata kita berhasil di ajang itu. Kananlima jadi juara favorit. Ya sudah… akhirnya siap-siap terjun ke industri musik pop” tutur Riyan yang menggandrungi vokal Michael Jackson hingga Mika. 

Kelimanya kemudian menyerap elemen musik dari berbagai kelompok musik yang acapkali mereka dengar. Mulai dari The Killers, Arctic Monkeys, Muse, Mika hingga Panic At The Disco!. Dari sederet referensi musik itulah Kananlima lalu membingkai karakter musiknya. Musik Kananlima terdengar riang, cenderung euphoria, lugas tapi terkadang berbumbu canda. 

Single Buruan Tembak Dia (2008) menandai babak baru karier Kananlima di industri musik Indonesia. Bahkan dengan semangat 45, Kananlima siap menelurkan mini album bertitel Laris Manis yang dipayungi oleh Trinity Production. Album ini berisikan 5 lagu yang membawa tempo euphoria dan implusive. Dengerin aja lagunya yang berjudul Geli Geli, Kekasih Sahabat, Malin Kundang, Mana Janjimu dan Singkong dan Keju. Lagu yang disebut terakhir adalah remake atas sebuah hits era 80-an karya Ari Wibowo yang dipopulerkan kelompok Bill & Broad.

Beberapa List Lagu Kananlima : 

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar